Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Freeport Dapat Penghargaan Penanganan Kemanusiaan

Written By Unknown on Selasa, 25 Januari 2011 | 03.33



Cetak E-mail
Senin, 24 Januari 2011 14:51

JAYAPURA - Tim Tanggap Darurat atau Emergency Response Team (ERG) PT Freeport Indonesia  (PTFI) menerima penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia dalam bidang kemanusiaan. Juru Bicara PTFI, Ramdani Sirait melalui telepon selular di Jakarta, Minggu menjelaskan, penghargaan itu diberikan atas dedikasi, kerja keras, dan pengabdian dalam melakukan kegiatan kemanusiaan pada kejadian bencana alam gempa bumi dan tsunami di Mentawai, Gunung Merapi di DIY, dan banjir di Wasior. Penghargaan diserahkan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno di Jakarta  pada Kamis (20/1) lalu. Pada kesempatan itu, hadir  Direktur Jenderal Mineral, Baturabara dan Panas Bumi ESDM, Bambang Setiawan, kepala perwakilan Tim ERG dari perusahaan-perusahan sektor pertambangan di bawah panji-panji ESDM Siaga Bencana, di aula Kementerian ESDM Jakarta.  Sedangkan dari pihak PTFI,  hadir  Wawa Sungkawa (Manager Dept.Hubungan Pemerintah) didampingi Syahrir Muin dari Tim ERG-PTFI. “Menteri ESDM menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim ERG ESDM Siaga Bencana yang dengan cepat, tepat dan akurasi tinggi memberikan bantuan kepada yang membutuhkannya di ketiga wilayah yang dilanda bencana tersebut,” ujar  Ramdani Sirait mengutip pernyataan Sekjen ESDM,Waryono Karno.
Sepanjang tahun 2010, PTFI telah berpartisipasi aktif meringankan beban para korban bencana alam di Indonesia dengan mengirimkan Tim Tanggap Darurat ke wilayah-wilayah yang terkena dampak paling parah dari bencana tersebut.
Pada  awal bulan Oktober 2010, PTFI mengirimkan tim Tim Tanggap Darurat ke daerah bencana di Wasior, Kab.Teluk Wondama, Papua Barat, yang dilanda banjir bandang yang melumpuhkan sebagian besar infrastruktur yang ada dan menelan banyak korban jiwa.
Operasi evakuasi korban banjir di Wasior dilaksanakan di bawah koordinasi Posko Induk Penanggulanggan Bencana Wasior, yang dikelola oleh pemerintah kabupaten setempat.
Pada  penghujung Oktober 2010, PTFI mengirimkan Tim Tanggap Darurat ke daerah bencana di Mentawai, Sumatera Barat yang dilanda gempa bumi berkekuatan 7,2 SR serta tsunami yang memakan korban jiwa dan menghancurkan berbagai infrastruktur di wilayah kepulauan tersebut.
Dibawah koordinasi Badan SAR Nasional (Basarnas) di Mentawai, tim melakukan beberapa tugas penyisiran korban di lokasi-lokasi yang tersebar di Mentawai serta membantu  pendistribusian bantuan logistik ke titik-titik pengungsian.
Pada saat yang hampir bersamaan, lanjut Ramdani,  pada  November 2010, PTFI mengirimkan Tim Tanggap Darurat yang beranggotakan satu tim pemadam pembakaran sukarelawan yang telah dilatih secara khusus dari Mill Volunteer Fire Brigade ke area bencana Gunung Merapi di Jogjakarta untuk mendukung kegiatan evakuasi yang berjalan pada saat itu.
Sejalan dengan kebijakan sosial  PT Freeport Indonesia, tim Tanggap Darurat/Emergency Response Team (ERG)-PTFI, dengan beranggotakan personil terlatih serta dukungan peralatan memadai di bawah koordinasi Departemen Keselamatan Kerja perusahaan, kerap berkontribusi bersama Pemerintah, baik di tingkat nasional maupun lokal, untuk meringankan beban para korban bencana alam di Indonesia. (*/mdc/don/03)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar Anda di Sini !!!