Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pemda Akan Tetapkan Tarif Angkutan Laut

Written By Unknown on Rabu, 26 Januari 2011 | 13.26

Rabu, 26 January 2011 00:00
ASMAT - Pemerintah daerah kabupaten asmat dalam hal dinas perhubungan komunikasi dan informatika akan segera melakukan penetapan tarif angkutan laut untuk kendaraan speed boat dan long boat yang beroperasi di kabupaten asmat. Penetapan ini bukan hanya sebatas perencanaan saja, tetapi dinas perhubungan sudah melakukan hitung-hitungan mengenai besarnya biaya angkut dengan melihat mesin, BBM yang dipakai serta jaraknya. Tetapi untuk menetapkan harga perlu adanya sosialisasi bagi semua pihak dan harus duduk bersama untuk menyetujui ini. Karena selama ini biaya angkut yang ada saat ini dibuat oleh pemilik kendaraan dan disepakati oleh dinas. Tetapi kedepannya sudah tidak ada biaya kesepakan bersama lagi.
"Selama ini memang dipakai biaya kesepakatan bersama. Yakni jarak agats ewer yang hanya 15 menit dipatok harga 100 ribu sedangkan agats pelabuhan cemnes yang memakan waktu beberapa menit biayanya 10 ribu. Harga ini dipakai sudah sejak beberapa tahun lalu dan disetujui bersama, tetapi kedepannya kami akan menekan harga tersebut. Karena kami melihat biaya yang dikenakan penyedia jasa sangatlah besar. Sesuai hitung-hitunggan kami, biaya agats ewer tidak sampai 100 ribu tetapi sekitar 50 ribu perorang,"jelas kadis perhubungan N Manurung, S.Sos kemarin di ruang kerjanya.
Dikatakan manurung bahwa, selama ini ketentuan harga yang dipatok oleh penyedia jasa karena mereka memperhitungkan biaya bensin yang dikeluarkan. Di agats sendiri bensin perliternya 10 ribu. Tidak ada minyak subsidi di sini karena yang subsidi hanyalah minyak tanah saja. Ini yang membuat mereka (pemilik speed) mematok harga yang cukup tinggi.
"Kami akan upayakan agar harga tersebut bisa ditekan. Tentu saja dengan berbagai pertimbangan dan kesepakatan bersama. Karena jika masih mematok harga 100 ribu untuk ewer , kasihan masyarakat yang tidak ada uang mereka mau ke ewer juga sangat susah,"pungkasnya.[wp]

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar Anda di Sini !!!