Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Hentikan Praktek Konservasi Alam di Papua

Written By Unknown on Jumat, 15 Juli 2011 | 03.26

kamis, 14 juli 2011

WP-Bidang ekonomi dan lingkungan yang dibagi dalam konferensi perdamaian tanah Papua memminta, praktek-praktek konservasi alam yang memberikan kontribusi terhadap pemanasan global di Papua dihentikan. Kelompok ini juga menyatakan, hutan dan lahan yang menjadi sumber-sumber produksi orang asli Papua direhabilitasi. Hasil itu dibacakan diakhir konferensi kemarin, Kamis (7/7).

Kesepakatan lain dalam kelompok itu adalah seluruh tanah ulayat orang asli Papua dipetakan secara baik. Hak ulayat orang asli Papua diakui secara legal. Pengalihan dan penguasaan tanah hak ulayat tidak menghapuskan hak kepemilikan orang asli Papua. Pengelolaan sumber daya alam dilakukan dengan cara-cara yang memperhatikan kelestrarian alam, menghargai kearifan lokal dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk orang asli Papua.

Perusahaan yang merusak lingkungan dan merugikan pemilik tanah hak ulayat, diberikan sangsi hukum dan administrasi. Pimpinan-pimpinan adat bersama masyarakat dilibatkan dalam proses penyusunan investasi pengelolaan sumber daya alam. Praktek-praktek bisnis perikanan, pertambangan, penebangan kayu secara ilegal dihentikan dan pelakunya dihukum.

Selanjutnya, pemberdayaan orang asli Papua diberbagai sektor ekonomi dapat dilakukan melalui regulasi yang berpihak pada orang asli Papua berupa pelatihan, pemberian modal usaha dan pendampinga. Diakhir kesepakatan mereka meminta, pemerintah dan swasta wajib mempersiapkan dan memberikan prioritas bagi orang asli Papua agar mampu mengisi peluang kerja diberbagai sektor. (wp)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar Anda di Sini !!!